Apa Nama Rumah Sakit Yang Dibangun Oleh Nuruddin

Apa Nama Rumah Sakit Yang Dibangun Oleh Nuruddin


Bentuk globalisasi dan dampak positif globalisasi mapel ips kelas nine


Pki pasca kegagalan pemberontakannya di madiun menjadi salah satu pemenang


Sebutkan dan jelaskan tiga faktor yang mempercepat berkembangnya kerajaan samudera pasai!


Berikan pendapat mu tentang kepemimpinan khalifah harun ar rasyid


Disebut apakah segala sesuatu yang memberikan kesaksian atas kebenaran adanya Allah di dalam Al-Qur’an? ​


cari lah ayat-ayat tentang berputus asa dan tidak berputus asa dari mazmur pasal 21-30 beserta bunyinya ​


seperti yang kita ketahui bahwa ahmad subardjo adalah seorang tokoh nasional yang juga merumuskan serta membantu sangat dalam membuat rancangan undang …

-undang 1945 dan ikut serta dalam merumuskan teks proklamasi. Namun mengapa nama ahmad subardjo tidak terdengar di telinga kawula muda?


gambar di atas merupakan pertemuan para tokoh ilmuwan dunia pada konvensi Konvensi tersebut membahas berbagai masalah penting terkait ilmu fisika dan …

kimia di masa Daulah Abbasiyah dahulu seperti itu biasa digelar di sebuah majelis bernama..​


Gambarkan kota-kota Perindustrian pada masa Abbasiyah​


daulah Abbasiyah periode ke 4 berada dibawah kekuasaan. . .a.bani saljukb.bani buwaihic.bani Umayyahd.bani hasyim​

Salah satu praktik wakaf yakni melalui pembangunan fasilitas sosial seperti rumah sakit. Dalam sejarah Islam sendiri mencatat bahwa rumah sakit pertama kali didirikan pada era Khalifah Al Walid I pada pemerintahan dinasti Umayyah tahun 705-715 Masehi.

Pada saat itu Al-Walid membangun rumah sakit dari tanah wakaf yang ada di wilayah Damaskus Suriah. Nah berikut ada beberapa rumah sakit tertua di dunia yang juga dibangun dari tanah wakaf, yuk simak!

i. Bimaristan Al Nuri Damaskus

www.sana.sy

Merupakan rumah sakit tertua pertama yang didirikan di kawasan Damaskus, Suriah. Bangunan utamanya didirikan pada tahun 1154 pada masa Sultan Zangid Nuruddin Mahmud bin Zangi.

Pada tahun 1242, bangunannya diperluas oleh dokter Badr al-Din dapat menampung lebih banyak pasien tanpa harus mengubah bentuk asli bangunannya.

Rumah sakit yang berdiri di atas tanah wakaf tersebut tentu mempunyai kedudukan penting sebagai lembaga medis. Namun memasuki abad ke-xx, Bimaristan Al Nuri dialihkan menjadi museum kedokteran Islam yang kemudian digantikan oleh rumah sakit Universitas.

2. Bimaristan Sultan Qalawun

amazonaws.com

Merupakan rumah sakit untuk di kompleks indah sebagai bagian dari kompleks Qalawun Jalan Al-Mui’zz Kairo Mesir. Terdapat makam Sultan Qalawun yang dinobatkan sebagai makam terindah kedua setelah Taj Mahal di India.

Dibangun dengan arsitektur khas timur tengah serta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti oftalmologi, 100 tempat tidur rawat inap, apotik hingga perpustakaan. Rumah sakit dibangun pertama kali pada 1284 1000.

3. Bimaristan Divrigi

wikimedia.org

Merupakan rumah sakit wakaf yang masuk dalam situs warisan dunia. Rumah sakit ini berada di Turki, tepatnya di kota kecil di Divrigi, Anatolia Timur atau yang sekarang di Provinsi Sivas.

Read:  Pembangunan Rumah Sakit Di Bantul

Bangunannya multifungsi untuk masjid sekaligus kompleks pengobatan. UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia pada tahun 1985 karena sejarahnya yang memang kental.

4. Rumah Sakit Tertua di Baghdad

Baghdad tidak hanya dijuluki sebagai kota dengan desain tata kota yang mengagumkan. Tapi di sini juga terdapat rumah sakit terpenting yang dibangun di atas tanah wakaf untuk memberikan fasilitas kesehatan bagi segala kalangan.

Rumah sakit tersebut dibangun pada 982 M oleh ad-Dawlah dengan 25 dokter ahli serta beberapa perawat. Tidak hanya melayani pasien dari kalangan muslim saja, tapi juga noh muslim.

five. Rumah Sakit Hasyim Asyari

dompetdhuafa.org

Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah ada rumah sakit yang dibangun diatas wakaf? Salah satunya adalah rumah sakit Hasyim Asy’ari yang menjadi pionir fasilitas kesehatan yang dikelola melalui sistem wakaf produktif.

Wakaf produktif dapat diimplementasikan dalam pengadaan serta pengelolaan rumah sakit. Sehingga pada rumah sakit yang telah berdiri, pengelolaannya bisa menggunakan sistem wakaf produktif misalnya pasien yang mampu akan membayar biaya rumah sakit dan nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan operasional.

Jadi, wakaf tidak hanya sekadar masjid atau tanah saja, sekarang sudah semakin meluas serta produktif untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Nah, Anda juga bisa ikut menebar kebaikan untuk masyarakat di Indonesia yang tinggal di daerah kekeringan melalui donasi wakaf sumur. Tidak sedikit juga sekolah dan pondok pesantren yang hingga saat ini belum memiliki sumber air bersih memadai sehingga membutuhkan uluran tangan kita.

Pembangunan rumah sakit sudah semestinya memikirkan aspek keadilan untuk sosial. Dalam peradaban Islam, setidaknya ada four rumah sakit tertua dan populer yang berasal dari wakaf, disebut sebagai bimaristan.

Kesehatan merupakan hak untuk segala kalangan. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah berkunjung ke rumah sakit. Adanya rumah sakit (RS) bukan untuk menciptakan orang sakit, tetapi mengobati hingga mencegah orang sehat menjadi sakit.

Sejarah Islam mencatat, rumah sakit pertama kali dibangun pada era Khalifah Al-Walid I yang memerintah dinasti Umayyah tahun 705-715 Thou/ 86-96 H. Al-Walid I membangun rumah sakit yang berasal dari tanah wakaf di wilayah Damaskus, Suriah.

Rumah sakit bukan hanya berjaya di era Al-Walid, namun juga di masa Khalifah Harun Ar-Rasyid di kawasan Baghdad pada abad ke-9. Yuk, kenalan lebih jauh dengan 4 rumah sakit tertua yang berasal dari tanah wakaf!

1. Bimaristan Al Nuri, Rumah Sakit dan Kampus Kedokteran

Bimaristan Al Nuri di Damaskus merupakan rumah sakit wakaf tertua di Syria (foto: Islamic Architectural Heritage)

Rumah sakit tertua yang pertama berada di kawasan Damaskus, Suriah. Bimaristan Al Nuri dekat dengan Pasar Al Hamidiyyeh, di sebelah selatan Masjid Agung Umayyah. Sultan Zangid Nuruddin Mahmud bin Zangi mendirikan bangunan utama pada tahun 1154/548 H.

Read:  Gambar Kartun Orang Sedang Bergotong Royong Membangun Rumah

Lalu, penambahan luas bangunan dilakukan pada tahun 1242 oleh seorang dokter bernama Badr al-Din. Perluasan dilakukan untuk melayani lebih banyak pasien tanpa mengorbankan bentuk asli bangunan.

Baca juga: Jangan Takut ke Rumah Sakit, RST Dompet Dhuafa Terapkan Protokol Covid-19

Bangunan yang berdiri di atas tanah wakaf ini memiliki kedudukan penting sebagai lembaga medis. Pada era kejayaannya, bangunan ini terus beroperasi hingga awal abad ke xx. Kini, Bimaristan Al Nuri beralih fungsi sebagai museum kedokteran Islam dan digantikan oleh rumah sakit universitas.

Mengutip dari Archnet.org, struktur asli rumah sakit ini masih utuh, memperlihatkan desain arsitektur Seljuk dari segi denah, bentuk, dan elemen ornamennya.

two. Bimaristan Sultan Qalawun, RS Antik di Kompleks Indah

Arsitektur di Kompleks Qalawun yang terletak di Jalan Al-Mui’zz (foto: re-thinking future)

Lanjut lagi ke lokasi berbeda, kali ini Sahabat belajar tentang sejarah Bimaristan Sultan Qalawun yang berada di Kairo, Mesir. Melansir dari Archnet.org, Maristan atau rumah sakit merupakan bagian dari kompleks Qalawun yang terletak di Jalan Al-Mui’zz.

Selain rumah sakit, terdapat makam pendiri dan madrasah di kompleks yang indah tersebut. Makam “Sultan Qalawun” dianggap sebagai makam terindah ke-2, setelah Taj Mahal di Bharat.

Untuk rumah sakit, bangunan bersejarah tersebut dibangun pada tahun 1284 M/ 683 H oleh penguasa Dinasti Mamluk, yaitu Sultan Amir ‘Alam Al-Din Sanjar Al-Shuja’i. Selain memiliki arsitektur khas timur tengah, rumah sakit dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti oftalmologi (spesialis mata), 100 tempat tidur untuk orang sakit atau rawat inap, perpustakaan, dan apotik.

3. Bimaristan Divrigi, RS Wakaf Masuk Situs Warisan Dunia

Bimaristan Divrigi masuk situs warisan dunia UNESCO (foto: Tripadvisor)

Bimaristan Divrigi adalah salah satu rumah sakit wakaf tertua yang berlokasi di Turki. Maristan (rumah sakit) terletak di kota kecil Divrigi di Anatolia Timur, sekarang di Provinsi Sivas, Turki. Bangunan multifungsi ini digunakan sebagai masjid dan kompleks pengobatan.

Baca juga:
DMC Tingkatkan Kapasitas Tanggap Bencana untuk Karyawan Rumah Sakit Secara Gratis

Karena sejarahnya yang kental, pada tahun 1985 rumah sakit ini resmi menjadi situs warisan dunia UNESCO. Mengutip dari situs UNESCO, wilayah Anatolia ini ditaklukkan oleh Turki pada awal abad ke-xi. Pada 1228 hingga 1229, Emir Ahmet Shah mendirikan sebuah masjid, dengan rumah sakit yang bersebelahan, di Divrigi. Pembangunan dipimpin oleh arsitek Hürremshah dari Ahlat.

4. Sejarah Rumah Sakit Tertua di Baghdad

Mari tengok ke Baghdad, Irak. Kota yang memiliki julukan Negeri 1001 Malam itu menyimpan banyak budaya dan beragam pemikiran. Baghdad memang sudah tua, tetapi tidak kuno karena kota ini berhasil menciptakan sejarah hebat dalam desain tata kota. Salah satunya yaitu Baghdad memiliki rumah sakit terpenting sebagai upaya pemerataan fasilitas kesehatan untuk segala kalangan.

Read:  Menghitung Kebutuhan Besi Balok Pembangunan Rumah Per Meter

RS terpenting di Baghdad dibangun pada tahun 982 Chiliad/ 372 H oleh Adud advertizing-Dawlah. Rumah sakit hasil wakaf tersebut memiliki 25 dokter andal dan beberapa perawat sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Rumah sakit pun melayani semua kalangan, baik muslim atau non muslim.

5. RS. Rumah Sehat Terpadu, Bogor, Indonesia

RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa beroperasi sejak 2012 dengan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Dok. Dompet Dhuafa)

Layanan kesehatan harus dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk dhuafa yang merupakan masyarakat kurang mampu. Berdiri dengan asas kesehatan untuk semua masyarakat, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC DD) membangun
RS. Rumah Sehat Terpadu
dan beroperasi sejak 2012 di Parung, Bogor, dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf.

RST merupakan rumah sakit tipe C dan mendapatkan akreditasi A dengan berbagai layanan kesehatan yang mumpuni, sepert hemodialisa, USG four Dimensi, dan mesin operasi katarak (Phaco). RST juga dilengkapi dengan layanan kesehatan diantaranya Poli Spesialis, ICU, Ruang Operasi, Rawat Inap, Farmasi 24 jam, IGD 24 Jam dan MCU (Medical Check Upwards).

Bagaimana Keadaan Rumah Sakit Wakaf di Indonesia?

Peraturan-peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah RI tersebut, terlihat adanya usaha-usaha untuk menjaga dan melestarikan tanah wakaf yang ada di Indonesia, bahkan usaha penertibannya pun diperlihatkan oleh Pemerintah.

Di samping beberapa peraturan yang telah dikemukakan, Departemen Agama pada tanggal 22 Desember 1953 juga mengeluarkan petunjuk-petunjuk mengenai wakaf. Seperti adanya Jawatan Urusan Agama pada Surat Edaran Jawatan Urusan Agama tanggal 8 Oktober 1956, No. three/D/1956 tentang wakaf yang bukan milik tentang masjid.

Wakaf produktif bisa diimplementasikan untuk pengadaan dan pengelolaan rumah sakit. Jika rumah sakit sudah berdiri, pasien yang mampu bisa membayar rumah sakit dan akan digunakan untuk kepentingan operasional rumah sakit. Selain itu, biaya yang masuk juga bisa untuk subsidi silang membiayai pasien dhuafa yang tidak mampu.

Hal ini yang juga dilakukan oleh Dompet Dhuafa di berbagai rumah sakit wakaf untuk dhuafa yang dikelolanya. Misalnya seperti RS. Rumah Sehat Terpadu di Parung Bogor, RS. AK Medika Sribhawono Lampung, RS. Hasyim Asyari di Jombang yang saat ini sedang dibangun, dan sebagainya.

Jadi, wakaf bukan hanya tanah atau masjid, ya! Bisa meluas sampai ke aspek kesehatan. Biar makin yakin, tonton dulu video singkat ini, yuk!

Nah, mulai dari ten ribu, Sahabat Dompet Dhuafa sudah bisa menebar kebaikan bagi para dhuafa untuk mendapatkan akses serta proteksi kesehatan yang andal dan mumpuni.

Berwakaf 10 ribu, namun
sendiri
tidaklah terbayang. Kalau
bareng-bareng, maka terasa lebih ringan! Yuk,
klik berwakaf di sini
atau banner di bawah sekarang juga!

Apa Nama Rumah Sakit Yang Dibangun Oleh Nuruddin

Source: https://kafesentul.com/rumah-sakit-pertama-yang-didirikan-oleh-nuruddin-adalah

You May Also Like