Membangun Rumah Tingkat Tanpa Cor

Membangun Rumah Tingkat Tanpa Cor

Proses Cor Sloof Pondasi Rumah
merupakan proses tahapan selanjutnya setelah Papan Cor cetakan sloof telah selesai dipasang. Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman dan informasi seputar Proses Cor Sloof Pondasi Rumah. Hal – hal apa saja yang perlu disiapkan berupa material bangunan dan juga perkiraan biaya yang kita perlukan untuk menyelesaikan Proses Cor Sloof Pondasi Rumah berdasarkan volume pekerjaan.

Persiapan pertama dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah adalah menyiapkan textile pokok antara lain, semen, pasir, batu split, air dan ember cor. Untuk peralatan perlengkapan yang dibutuhkan dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah tidak terlalu khusus hanya berupa alat biasa yang sering dipakai oleh tukang.

Jangan lupa mengecek kembali gambar desain rumah sebelum Proses Cor Sloof Pondasi Rumah dimulai, karena hal-hal sepele namun penting jika terlewatkan akan menambah pekerjaan dikemudian hari. Sebagai contoh pemasangan paralon atau pipa sebagai alat sanitasi atau sirkulasi air bersih maupun air kotor pada beberapa aksesoris rumah seperti wastafel atau alat penting lainya harus benar-benar menjadi perhatian.


Baca juga
:
 Papan Cor untuk Sloof

Proses Cor Sloof Pondasi Rumah secara praktek tukang lebih mengetahuinya, karena disini saya hanya berbagi pengalaman sebagai calon pemilik rumah yang pelaksanaan pekerjaan Proses Cor Sloof Pondasi Rumah diserahkan pada ahlinya, tugas kita hanyalah menjaga komunikasi dengan para pekerja agar lebih dini mengetahui apa kebutuhan mereka dan menyampaikan dengan particular apa keinginan kita.

Untuk dapat menghitung atau memperkirakan berapa biaya yang kita butuhkan dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah, kita harus mengetahui book sloof yang kita buat. Sebagai ilustrasi jika kita akan membuat sloof dengan ukuran lebar 15 cm, tinggi xx cm dan panjang 50 m cara menghitungnya :

Read:  Langkah Awal Yang Dilakukan Rumah Sakit Untuk Membangun Unit Pkrs

– Cari tahu Volume pekerjaan : xv x 20 ten 5000 = 1500000 – -> 1,5 m3
– Didalam 1,5 m3 ada bahan cloth semen, pasir, batu split up dengan perbandingan 1 : 2 : 3 belum lagi ada besi tulangan didalamnya, artinya total volumenya kurang dari 1,5 m3.

Nah, jadi berapa sebenarnya detail biaya dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah, saya tidak bisa menjawab dengan pasti karena ilmu saya bukan ilmu sipil murni, perhitungan saya hanya perhitungan perkiraan kasar orang awam, dimana dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah atau proses pengerjaan membangun rumah antara pekrjaan satu dengan lainya saling berkaitan dan ber ulang-ulang. Proses pengecoran beton bertulang sendiri jika kita ingin membangun rumah lantai dua akan kita lalui sejak proses pemasangan pondasi cakar ayam, sloof pondasi, tiang kolom dan kolom praktis, band balk hingga dak lantai beton.

Artinya, jika kita membeli bahan material bangunan kita harus mempertimbangkan efesiensi dan secara global atau keseluruhan kebutuhan bahan material yang kita butuhkan, sehingga kita mendapatkan harga yang bagus. Sebagai contoh diatas, kebutuhan fabric bangunan batu split kurang dari 1 m3, apakah kita harus membeli hanya  1m3 padahal pekerjaan cor beton masih banyak? dan apa bedanya bila kita membeli kubikasi dengan sistem rit atau mobilan.

Berdasarkan pengalaman saya, jika kita membeli kubikasi dengan kwalitas batu split yang sama per kubik harganya Rp. 300.000 sedangkan jika kita membeli satu mobil dengan isi lebih dari 4 m3 atau mendekati 5 m3 hanya kisaran Rp. 800.000 – 1.200.000, pintar-pintar saja kita menawar harga.


Baca juga
:
 Proses Pemasangan Papan Cor Sloof

Tips diatas hanya berlaku untuk bahan cloth seperti pasir, batu separate tidak berlaku untuk bahan cloth lain, seperti semen, besi, kayu dan lainnya.

Read:  Harga Bangun Struktur Dak Beton Rumah Per M2

Dokumentasi Proses Cor Sloof Pondasi Rumah :

Proses Cor Sloof Pondasi Rumah
Proses Cor Sloof Pondasi Rumah
Proses Cor Sloof Pondasi Rumah
Proses Cor Sloof Pondasi Rumah pada sudut dipasang siku penahan
Proses Cor Sloof Pondasi Rumah
Proses Cor Sloof Pondasi Rumah, diatas coran juga dipasang papan kecil penahan.

Ini hanya sekelumit pengalaman Proses Cor Sloof Pondasi Rumah yang dapat saya tuliskan, jika ada pertanyaan dengan senang hati kita bisa diskusikan.


Membangun Rumah Tingkat Tanpa Cor

Source: https://satriamadangkara.com/proses-cor-sloof-pondasi-rumah/

You May Also Like