# 7 Kiat Agar Upgrade Android Via Ota Tidak Gagal

Sarah Lea
 Tips Agar Upgrade Android via OTA Tidak Gagal # 7 Tips Agar Upgrade Android via OTA Tidak Gagal

7 Tips Agar Upgrade Android via OTA Tidak Gagal – Over The Air (OTA) ialah perumpamaan Bahasa Inggris yang ditujukan pada proses pembaruan metode Android secara online.

Cara ini yakni metode yang paling diusulkan jika ingin mendownload OS Android modern yang tersedia untuk ponsel anda.

Setelah berulang kali percobaan dan sebagian besarnya sukses.

Kali ini saya mau menyebarkan kiat dan pengalaman terhadap anda wacana tata Cara Upgade Android secara online agar tidak gagal ditengah jalan.

Pastinya anda tidak mau donk ponselnya kenapa-kenapa. Untuk itu kiat berikut wajib dibaca dan difahami setiap langkahnya.

7 Tips Agar Upgrade Android via OTA Tidak Gagal

  1. Pastikan anda tahu kelebihan dan kelemahan model Android terbaru
  2. Backup file yang ada di memory internal sehingga tersedia setidaknya 2 GB ruang kOSong untuk metode baru.
  3. Jangan Root ponsel anda, jika sudah kadung kerjakan Unroot.
  4. Pada di saat mengunduh Firmware menggunakan data seluler, setidaknya tersedia lebih dari 2 GB data internet
  5. Pastikan koneksi intenet anda sudah 4G atau minimal 3G
  6. Daya baterai minimal 80%, namun usahakan Upgradenya pada di saat daya masih full 100%
  7. Jangan pernah panik

Penjelasan dari ke tujuh poin diatas yakni selaku berikut :

#1. Perbanyak Referensi

Penyesalan tidak pernah ada diawal. Prinsip itulah yang mesti dipegang pada di saat akan tentukan segala sesuatu.

Setidaknya sehabis memperoleh citra yang terperinci apa yang terjadi di saat menyeleksi sesuatu opsi kita tidak menyesal. Seandainya nanti ada problem sanggup terselesaikan denga baik.

Begitu pula dengan urusan Upgrade Android pada ponsel. Google selaku empunya Android sebelum merilis model Android modern senantiasa memberi bocoran fitur dan faedah yang hendak didapat apabila menggunakan OS modern tersebut.

Masalahnya, yang memajukan Firmware untuk produk ponsel cerdas Android itu yakni fihak manufaktur seumpama Samsung, ASUS, Xiaomi, Oppo dll.

Seringkali kita baca berita, sehabis melakukan pembaruan metode ke model modern terjadi problem pada metode android itu sendiri, ada yang crash melulu, jadi borod daya dll.

Read:  Mantap...Cara Ampuh Irit Kuota Internet Whatsapp

Meski persentasenya sedikit, namun segabai pengguna kita wajib tahu.

Contoh terbaru, ponsel Android One Xiaomi Mi A1 yang paling dahulu memperoleh jatah Android Oreo dibanding seri Redmi lain.

Tapi toh berbagai bug-nya.

Coba ketikkan di google “ Masalah Pembaruan Sistem Mi One” niscaya banyak tuh beritanya yang sanggup jadi tumpuan jika kebetulan anda punya hape itu.

Selama menggunakan ponsel Android, mungkin Samsung menjadi satu-satunya brand ponsel cendekia yang jarang sekali saya dengar punya problem dengan Fimrware / ROM baru.

Satu lagi….

Mungkin saja anda tidak mendapatkan adanya bug pada ROM terbaru, namun ada fitur-fitur usang yang dihilangkan sementara dilain fihak anda sungguh butuh fitur tersebut.

Contoh lagi…

Asus dengan Zenfone 2 Laser ZE550KL sudah sanggup Upgrade ke Android 6 Marshmallow.

Tapi dari keterangan dari lembaga diskusi Android di Facebook , banyak penggunanya yang downgrade lagi ke Lollipop alasannya yakni fitur memindahkan aplikasi ke SD Card sudah dihapus.

Untuk itu, perbanyak tumpuan wacana model Android yang rencananya akan anda instal senantiasa saya rekomendasikan di setiap postingan saya.

#2. Back Up Data itu Wajib

Banyak temen lembaga yang chat ke saya kalau mereka takut update perangkat lunak metode alasannya yakni takut kehilangan data yang ada di memori internal.

Padahal dari pengalaman, ndak ada tuh yang namanya data hilang gara-gara Upgrade Android.

Bahkan folder aplikasi usang yang sudah saya uninstall masih dengan santainya nongkrong didalam memori internal saya.

Tetapi….

Saya senantiasa menganjurkan di tiap postingan tutorial yang berhubungan dengan kenaikan model Android untuk mengamankan data pribadi dahulu ke SD Card, Flashdisk maupun Harddisk Komputer.

Rahasia

Bukan alasannya yakni proses instal sistemnya, melainkan untuk menyingkir dari kehilangan data jika kelak ada kerusakan pada metode seumpama Bootlop.

Kondisi hape yang Bootlop penyelesaian risikonya senantiasa Flash Ulang dengan apalagi dahulu membersihkan data dan Cache pada metode lama.

Read:  Jasa Convert Pulsa / Tukar Pulsa Telkomsel Ke Ovo Dan Go-Pay

Itu saja sih masalahnya.

# 3. Unroot

Ngeroot hape Android bagi seorang opreker itu seumpama candu (lebay banget bahasanya).

Karena dengan ngroot kita sanggup melaksanakan banyak hal yang sebelumnya tidak sanggup dilaksanakan seumpama di saat hape belum diroot.

NgeRoot metode memiliki faedah di saat ingin melaksanakan tweak metode seumpama seolah-olah menginstal APK google Camera MOD, Aplikasi Dolby Atmos dll.

Tapi nge-root juga ada resikonya, dimana pembaruan metode akan menolak untuk dipasang dengan cara memberi pesan Error “ Sistem sudah dimodifikasi”.

Untuk itu, kalau anda ingin menjajal metode Android modern yang resmi semestinya secepatnya unroot hape anda segera.

Caranya silahkan cari sendiri di Forum XDA Developer.

#4. Siapkan Paket Data Yang Banyak

Setelah berhasil saya praktekkan di Galaxy J5 dan J7 Prime. Proses Upgrade Android via OTA ternyata menyantap berbagai data.

Kalau mau tau proses upgradenya bagaimana, buka tutorial ini di tab gres :

•    Upgrade Firmware Samsung Galaxy J5 J500G Via OTA

Dari 1,5 GB data Telkomsel Flash yang digunakan untuk mengunduh 900 MB Firmware J5 cuma tersisa beberapa ratus MB saja.

Untuk itu di saat mengupdate Android j7 Prime dari Marshmallow ke Nougat saya siapkan paket Telkomsel flash 7 GB seharga Rp.45.000.

Selain lebih damai downloadnya, sisa paket data juga pribadi digunakan untuk set up akun akun Google, Akun Samsung dan update aplikasi dari Google Playstore.

#5. Gunakan Wifi atau Jaringan Internet 4G

Point kelima ini masih terkait dengan poin ke 4, dimana di saat mendownload Firmware Android modern semestinya menggunakan jaringan Wifi yang lebih stabil serta cepat pastinya.

Makanya..secara default metode Android cuma akan melaksanakan update metode cuma di saat perangkat terhubung dengan internet lewat jaringan Wifi.

Mengapa dikehendaki mutu jaringan internet yang stabil….?

Semakin stabil jaringan internetnya, hape kita jadi tidak terlampau bersusah payah menangkap sinyal.

Read:  Anti Hack...Cara Menghasilkan Hotspot Seluler Di Ponsel Xiaomi

Kalau bimbang coba bandingkan suhu yang dihasilkan hape anda di saat download file besar menggunakan data seluler dengan download via Wifi.

Selain itu…

Panas dari hape akhir melakukan pekerjaan mencari sinyal pada di saat menggunakan data seluler akan turut mempercepat penurunan daya didalam baterai.

Tips selanjutnya…

#6. Baterai terisi sarat dayanya (Full 100%)

Banyak tutorial Upgrade metode Android yang menyarankan agar di saat download Firmware itu baterai setidaknya terisi 60 % daya.

Tapi menurut saya hal tersebut kurang tepat.

Karena hape yang beredar di sekarang ini memiliki spesifikasi baterai yang beragam. Ada yang berkapasitas besar hingga 4100 mAh seumpama Redmi 4X, namun ada pula yang kapasitas baterainya kecil seumpama ponsel produk Samsung.

Samsung lazimnya di saat menghasilkan produk ponsel Android gres paling banter  dayanya 3000mAh. Grand Prime 1900 mAh kalau tidak salah.

Jika kapasitas baterai kurang dari 2000 mAh dan tersisa 50% saja terus mau Upgrade via OTA lebih baik tunda dulu, atau updatenya via Odin saja.

Prosesnya cepat (kurang 10 menit), download Firmwarenya sanggup diamana saja dan disitus mana saja.

#7. Jangan Panik

Poin terahir ini terkait dengan poin pertama yakni perbanyak referensi.

Sebenarnya sih saya juga dahulu waktu pertama main-main update agak was-was kok alasannya yakni menyaksikan booting pertamanya usang (bisa hingga 10 menitan).

Tapi sehabis menyadari kalau proses penginstalan metode gres memang begitu persis seumpama instal ulang laptop, saya risikonya sanggup tenang.

Yang bahanya itu : ketakutan alasannya yakni bootingnya usang terus pribadi cabut baterai.
Kalau sudah begitu, diriku tidak sanggup menjelaskannya…

Untuk itu…perbanyak informasi, tetap damai dan perhatikan segala prosesnya selaku materi pembelajaran.

Dan ingat…separah-parahnya kerusakan metode itu masih sanggup ditanggulangi dengan cara flash ulang, kecuali ada bug pada metode yang menyantap korban hardware, gres anda boleh panik.

Apalagi yang di Upgrade bukan hape milik sendiri melainkan hape tetangga…

Selamat mencoba.

Next Post

Download Firmware Oppo F9 Cph1823 & Cph1825

Firmware Oppo F9 CPH1823 & CPH1825 – Halo gan berjumpa lagi dengan aku admin blog rickyflash paling ganteng pastinya. Diksempatan kali ini admin akan membagikan suatu firmware dari salah satu ponsel cerdas brand asal china yakni Oppo Smartphone. Hem, ngomongin soal oppo siapa si yang tidak mengenali brand ponsel cerdas […]
Download Firmware Oppo F9 Cph1823 & Cph1825