5 Cara Memajukan Daya Dorong Pompa Air

Sarah Lea
Rahasia
Salah satu problem yang paling lazim yang mungkin terjadi pada pompa air dirumah Anda merupakan tekanan air lemah. Untuk menanggulangi problem ini pastinya Anda mesti mengenali lebih dalam penyebab daya hisap air menjadi lemah. Pada postingan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara mengembangkan daya dorong pompa air yang terbukti ampuh.

Sekarang ini, telah banyak brand pompa air dengan harga dan mutu yang berbeda-beda, ada yang menggunakan Jetpump, atau pompa biasa seumpama brand Shimizu, Sanyo, Panasonic, Wasser dan banyak lagi. Masing-masing pompa tersebut memiliki daya hisap yang berbeda, dan Anda masih bisa meningkatkannya dengan beberapa kiat yang mau dibahas pada postingan ini.
Tentunya siapa pun ingin menaikkan semburan pompa air dirumah, lantaran kalau tekanan air rendah biasanya akan mengkonsumsi waktu lebih usang di saat mengisi kolam mandi hingga sarat atau bahkan kurang optimal kalau ingin mencuci motor dan kendaraan beroda empat dengan menggunakan selang. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut:

Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah

Tekanan air lemah ditandai dengan fatwa air yang lambat di saat keluar dari keran, shower, pancuran atau selang taman. Meskipun efek tekanan rendah gampang dikenali, tidak jarang orang yang justru tidak mengenali apa bekerjsama penyebab problem ini.
Sebelum membahas banyak sekali kemungkinan penyebab daya dorong pompa air lemah, apalagi dulu Anda mesti mengenali perbedaan antara tekanan air (water pressure), laju air (flow rate) dan volume.
  • Tekanan Air (Water Pressure) merupakan jumlah tekanan yang diukur dalam satuan PSI (pound per inchi persegi). Dalam metode tekanan standar, biasanya tekanan air dikontrol lewat relasi kerja antara tangki tekanan (pressure tank), pompa sumur dan saklar tekanan (pressure switch).
  • Laju Air (Flow Rate) diukur dalam GPM (galon per menit) mengacu dalam jumlah air dan kecepatan laju air. Misalnya, metode sumur dengan laju fatwa 8 GPM sanggup memasok keperluan air hingga 8 galon air per menit. Laju fatwa tergantung pada beberapa aspek tergolong kapasitas sumur dan kekuatan pompa sumur.
  • Volume mengacu pada seberapa banyak air yang tersedia didalam sumur. Volume air pada sumur tergantung pada beberapa faktor, seumpama seberapa banyak air yang dipakai. Volume air akan menyusut kalau ekspresi dominan kemarau dan akan terus meningkat kalau ekspresi dominan penghujan.

Tutup Impeller Aus

Penyebab utama pompa keluar airnya kecil merupakan lantaran tutup Impeller atau kipas pompa yang telah menipis, hal ini sering terjadi pada pompa air yang masih menggunakan tutup Impeller berbahan kuningan yang sungguh gampang sekali menipis.

Tutup Impeller menipis bisa disebabkan lantaran terlalu sering tergerus oleh pasir atau batu-batu kecil, jadi kian usang maka akan kian menipis dan sedotan pompa air pun menjadi lemah. Untuk menanggulangi problem ini, Anda mesti merubah tutup Impeller dengan yang baru.

Atau, Anda juga sanggup mengakalinya dengan cara menambal pada cuilan tutup Impeller yang tipis menggunakan kaleng alumunium, lem atau yang lainnya, tetapi cara ini tidak akan bertahan lama, biasanya cuma beberapa bulan saja tutup Impeller akan kembali menipis.

Masalah Pada Tabung dan Pompa Air

Sistem sumur terdiri atas tabung (pressure tank), pressure switch dan pompa sumur. Salah satu penyebab tekanan air yang lemah merupakan lantaran ada problem dari dalam metode itu sendiri. Jika salah satu elemen metode sumur berurusan atau rusak, sanggup mengakibatkandaya hisap air menjadi lemah dan tidak stabil.
  • Short Cyling merupakan perumpamaan yang dipakai untuk menggambarkan di saat pompa sumur terlalu sering dinyalakan dan dimatikan. Kebiasaan ini pastinya sanggup menghasilkan tabung pada pompa air tidak terisi sarat dan memunculkan tekanan air tidak stabil.
  • Pressure Tank bocor – Tabung air yang bocor pastinya tidak sanggup menahan jumlah tekanan lantaran tidak ada air dan udara yang tersimpan didalam tabung tersebut. Kerusakan seumpama ini bisa tertuntaskan dengan cara menambal cuilan yang bocor atau merubah tabung dengan yang baru.

Pipa Air Tersumbat

Perlu Anda ketahui, pipa yang sering tersumbat biasanya disebabkan lantaran diameter pipa tersebut terlalu kecil, dan banyak kotoran yang ikut terhisap dari dalam sumur. Agar kotoran tidak menyumbat pipa, Anda sanggup menjajal memasang filter air atau merubah pipa dengan diameter yang lebih besar.

Jika pipa dirumah Anda tersumbat, bisa tertuntaskan dengan menggunakan cairan atau alat khusus yang dapat membersihkan kotoran yang menyumbat. Anda sanggup mendapatkan alat pembersih tersebut di toko offline atau online.

Volume Air Berkurang

Tidak semua penyebab tekanan air rendah berasal dari dalam metode sumur, tetapi mungkin lantaran volume air yang berkurang, bisa disebabkan lantaran ekspresi dominan kemarau, pemakaian air yang berlebihan atau ada banyak yang mengerjakan pengeboran sumur di erat rumah Anda.
Masalah volume air menyusut biasanya bisa tertuntaskan dengan mengurangi jumlah pemakaian air harian, dan memperdalam sumur dengan cara di bor manual atau menggunakan mesin khusus. Untuk harga jasa bor, pastinya berbeda-beda tergantung keadaan sumur dan kedalamannya.

Foot Klep Tersumbat

Ini merupakan penyebab lazim tetapi jarang disadari banyak orang, kotoran yang masuk kedalam pompa air kian usang akan kian banyak dan hasilnya menyumbat Foot Klep. Biasanya penyebab pompa air tersumbat merupakan lantaran banyak tanah yang ikut terdorong, atau terjadi longsor di dalam sumur rumah Anda.

Untuk menentukan Foot Klep tersumbat atau tidak, memiliki arti Anda mesti mengangkat pompa air apalagi dahulu, dan coba untuk membersihkan semua kotoran yang menjadi dorongan pompa air melemah.

Masalah Pada Kapasitor Pompa Air

Selain ada sumbatan dan dinamo yang telah melemah, problem lain yang perlu Anda telusuri merupakan pada cuilan kapasitor pompa air, lantaran elemen ini berfungsi selaku start dan besar lengan berkuasa pada cepat atau lambatnya putaran dinamo pompa air.

Artinya, untuk menentukan apakah elemen ini rusak atau tidak, Anda mesti mengerjakan pengecekan dengan cara mengukur kapasitor menggunakan multitester analog ataupun digital, atau Anda bisa membaca postingan tentang cara mengukur kapasitor.

Jika didapatkan problem pada kapasitor tersebut, Anda bisa pribadi menjajal mengubahnya dengan yang baru, dan tetapkan kapasitor yang diganti memiliki ukuran yang serupa dengan yang sebelumnya.

Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Rahasia
 Salah satu problem yang paling lazim yang mungkin terjadi pada pompa air dirumah Anda adal 5 Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Jika telah ditentukan bahwa tabung dan pompa sumur tidak bermasalah, dan tidak ada penyumbatan pada keran atau pipa, itu memiliki arti Anda mesti menjajal beberapa cara yang sanggup menaikkan semburan air dengan modifikasi pada pengaturan tekanan atau menyertakan elemen suplemen untuk hasil yang maksimal.

Menambah Tekanan Pada Pressure Switch

Dengan memperbesar tekanan pada pressure switch, pastinya tekanan air akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Misalnya, pengaturan tekanan permulaan pressure switch merupakan 30/50, maka Anda sanggup meningkatkannya lagi ke 40/60.

 Salah satu problem yang paling lazim yang mungkin terjadi pada pompa air dirumah Anda adal 5 Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Untuk menyesuaikan pengaturan tekanan pada pressure switch , pertama-tama Anda mesti mematikan catu daya ke pressure switch untuk menyingkir dari hal yang tidak diinginkan. Gunakan obeng atau kunci pas untuk memutar dial (tombol penyetel) searah jarum jam secara sedikit demi sedikit ke arah pengaturan yang Anda inginkan. Biasanya, nyaris semua pressure switch memiliki tanda bagaimana dan dimana letak untuk menyesuaikan pengaturannya.
Perlu diingat, memperbesar tekanan hingga melampaui 60 PSI dalam menyebabkan kebocoran dan kerusakan pada beberapa komponen, sehingga Anda dihentikan mengaturnya lebih dari 40/60.

Memasang Tabung Tekanan (Pressure Tank)

 Salah satu problem yang paling lazim yang mungkin terjadi pada pompa air dirumah Anda adal 5 Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Memasang atau menyertakan tabung pompa air sanggup mengembangkan daya dorong pompa air dan menampilkan tekanan air yang lebih stabil untuk rentang waktu yang lebih lama. Fungsi tabung pompa air (pressure tank) sendiri merupakan untuk mengembangkan tekanan air dengan cara memuat udara dan air didalam tabung tersebut. Ketahui lebih lanjut fungsi tabung pada pompa air.

Memilih Pipa Berdiameter Kecil

Selain itu, Anda juga sanggup memasang pipa berdiameter lebih kecil, lantaran kian kecil ukuran pipa maka daya dorong air akan kian kuat. Misalnya, Anda sanggup merubah pipa berkuran 2 inchi dengan ukuran yang lebih kecil, seumpama 1 inchi atau 1.5 inchi.
Tetapi, pipa akan gampang tersumbat kotoran kalau ukurannya terlalu kecil, kecuali kalau Anda memasang filter air, mengerjakan pembersihkan pipa dan torrent secara berkala. 

Memasang Katup Pelepas (PRV)

 Salah satu problem yang paling lazim yang mungkin terjadi pada pompa air dirumah Anda adal 5 Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Katup pelepas atau dipahami dengan istilah Pressure Reducing Valve (PRV) merupakan suatu alat yang dipakai untuk menutup dan membuka fatwa air pada instalasi pipa. Komponen ini berfungsi untuk menurunkan tekanan dari satu kawasan ke kawasan lainnya. 
Perbedaan tekanan yang terjadi diakibatkan oleh, ketinggian, jarak, topografi dan sebagainya. Misalnya, pada suatu hotel atau apartemen lantai 4 dengan ketinggian 6 meter dari tanah , tekanan pada lantai dasar dan lantai 4 tentu berbeda. 
Singkatnya, kian tinggi apartemen tersebut maka kian rendah tekanannya. Oleh lantaran itu, perlu dipasang PRV untuk menanggulangi problem tersebut.
Ada beberapa keistimewaan dari Pressure Reducing Valve, diantaranya adalah:
  • Mengurangi aus pada pompa dengan mengurangi jumlah siklus pemakaian.
  • Mempertahankan tekanan air, lantaran elemen ini memaksa metode untuk tetap berada pada tekanan konstan.
Perlu diingat, pemasangan Pressure Reducing Valve dengan tujuan untuk mengurangi tekanan mesti dijalankan oleh piawai yang telah berlisensi untuk menjamin pemasangan berlangsung dengan tanpa hambatan dan sempurna.

Memasang Pompa Pendorong (Pump Booster)

 Salah satu problem yang paling lazim yang mungkin terjadi pada pompa air dirumah Anda adal 5 Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Dalam kendala tertentu, daya dorong pompa air lemah mungkin disebabkan lantaran pipa yang terlalu panjang dan tinggi. Pada apartemen atau bangunan dengan dengan beberapa lantai pastinya pompa akan melakukan pekerjaan lebih berat lantaran mesti mendorong air ke atas.
Pompa booster dapat menjadi alternatif dari penggunaan produk pompa sumur dangkal biasa yang kita kenal. Komponen ini mempunyai faedah utama yakni untuk memperbesar tekanan air, itu memiliki arti pompa pendorong ini tidak sanggup menghisap air dengan posisi sumber air yang berada di bawah pompa.
Penggunaan pompa jenis ini juga sanggup mengurangi listrik, hal ini lantaran daya listrik yang diharapkan untuk menyalakan pompa ini biasanya lebih kecil.
Berbeda dengan pompa pada umumnya, jenis pompa yang satu ini tidak menggunakan metode otomatis pressure switch, tetapi menggunakan alat yang seumpama dengan bola magnet yang berfungsi di saat air mengalir. Singkatnya, apabila tidak ada air yang mengalir maka pompa ini tidak akan berkerja, sehingga sanggup memperpanjang umur pompa tersebut.
Demikian postingan singkat yang dapat kami bagikan tentang 5 cara mengembangkan daya dorong pompa air yang terbukti ampuh. Kami harap sehabis membaca postingan ini Anda sanggup memperbesar daya dorong pompa air dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Rahasia
Next Post

Fungsi Tabung Pada Pompa Air (Pressure Tank)

Tabung pada pompa air atau pressure tank merupakan salah satu kepingan penting yang sanggup mengembangkan tekanan air di rumah Anda. Dengan adanya komponen ini, pompa air akan melakukan pekerjaan lebih optimal dan sanggup menegaskan keperluan air di rumah Anda terpenuhi. Pada postingan kali ini, kami akan membahas tentang fungsi tabung […]
Fungsi Tabung Pada Pompa Air (Pressure Tank)
/* */