3d Printer Lebih Bagus Tertutup Atau Terbuka

Ketika Anda ragu saat membeli, tidak ada yang lebih baik daripada mengetahui fitur terpenting dan jenis printer apa yang terbaik untuk setiap kasus. Dan itulah yang kami tunjukkan dalam panduan ini:
cara memilih printer 3d. Selain itu, Anda juga akan dapat mempelajari beberapa langkah awal setelah membeli komputer sebelum kesan pertama.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih model

keraguan, bagaimana memilih printer 3d

Sebelum mengkhawatirkan merek dan model printer 3D yang akan Anda beli,
Hal pertama adalah bertanya pada diri sendiri serangkaian pertanyaan
untuk mengerti
jenis printer 3d apa yang Anda butuhkan?. Nah, pertanyaan-pertanyaan penting itu adalah:

  • Berapa banyak yang bisa saya investasikan?
    Jika Anda akan membeli printer 3D, baik untuk penggunaan di rumah atau profesional, itu adalah salah satu pertanyaan utama. Ada kisaran harga yang sangat luas, dan mengetahui berapa banyak uang yang tersedia untuk pembelian dapat mengurangi jumlah jenis dan model yang Anda miliki di ujung jari Anda. Semacam filter untuk menghindari membuang-buang waktu dengan peralatan yang Anda tidak mampu, dan itu akan membawa Anda ke
    printer 3d murah, atau
    printer 3d biasa untuk rumah, dan bahkan untuk
    printer 3D industri.
  • Untuk apa saya membutuhkannya?
    Sama pentingnya dengan yang pertama adalah pertanyaan lain ini. Tergantung pada apa yang akan Anda gunakan untuk printer 3D, Anda akan memerlukan satu jenis atau lainnya, di mana Anda dapat membayar. Artinya, filter lain untuk lebih mengurangi opsi. Dari jawaban pertanyaan ini, berikut apakah akan menjadi printer 3D untuk penggunaan pribadi atau profesional, fitur yang harus dimiliki, ukuran model yang dapat dicetak, dll. Sebagai contoh:

    • Penggunaan domestik: Hampir semua teknologi yang terjangkau dan semua jenis bahan dapat digunakan. Seperti FDM dan bahan seperti PLA, ABS, dan PET-G. Ingatlah bahwa jika Anda ingin mereka bersentuhan dengan makanan atau minuman, itu harus bahan yang aman.
    • Objek untuk luar: Ini juga bisa menjadi FDM, karena teknologi tidak terlalu penting dalam hal ini, prioritas tertinggi di sini adalah memilih bahan yang tahan terhadap kondisi iklim eksternal, seperti ABS.
    • Artwork: untuk karya seni, yang terbaik adalah printer resin untuk hasil akhir yang berkualitas, dengan sangat particular. Bahannya bisa apa saja yang Anda butuhkan.
    • Penggunaan profesional lainnya:
      Ini bisa sangat bervariasi, dari printer 3D resin, hingga logam, bioprinter, dll. Tentu saja, untuk produksi skala besar, printer 3D industri diperlukan.
  • Materi apa yang saya butuhkan?
    Misalnya, jika digunakan di rumah, Anda mungkin menginginkannya untuk membuat benda atau figur dekoratif, sehingga plastik apa pun bisa digunakan. Namun, jika Anda akan menggunakannya untuk membuat piring, gelas, dan peralatan makan lainnya, Anda memerlukan
    plastik yang aman untuk makanan. Atau mungkin Anda membutuhkannya untuk bisnis percetakan nilon, bambu, atau mungkin logam, atau bahan saniter… Tentu saja, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan bahan tersebut dan biaya di pemasok.

    • Teknologi pencetakan?
      Saya menempatkan poin ini sebagai subpoin dari poin sebelumnya karena jenis teknologi pencetakan akan menentukan bahan yang dapat digunakan oleh printer 3D Anda. Oleh karena itu, tergantung pada bahan yang diperlukan, Anda dapat memilih antara
      teknologi yang berbeda membandingkan pro dan kontra dari masing-masing. Misalnya, jika Anda membutuhkan presisi yang lebih tinggi dan hasil akhir yang lebih baik, dll.
    • Sebagai permulaan: Untuk individu yang memulai dunia pencetakan 3D, bahan terbaik untuk memulai adalah PLA dan PET-1000. Mereka sangat umum dan mudah ditemukan, dan tidak sehalus yang lain selama proses pencetakan.
    • Kisaran menengah:
      untuk pengguna yang sudah memulai dan menginginkan sesuatu yang lebih baik, mereka dapat memilih PP, ABS, PA, dan TPU.
    • Untuk pengguna tingkat lanjut: sedangkan untuk penggunaan profesional Anda dapat memilih PPGF30 atau PAHT CF15, logam, dan banyak lainnya.
    • OFP (Program Filamen Terbuka): Penting untuk memilih pabrikan yang memiliki kebijakan OFP. Keuntungannya sangat penting, karena memungkinkan Anda menggunakan filamen pihak ketiga dengan mudah. Ini dapat membantu menghemat biaya bahan habis pakai, memilih dari lebih banyak variasi filamen, dan tanpa harus membuat pengaturan manual untuk filamen lain yang tidak asli, tetapi kompatibel. Selain itu, terkadang penyesuaian tidak memberikan kepastian bahwa hasilnya akan sebagus aslinya.
    • lebih: Evaluasi apakah model yang dihasilkan memerlukan pasca-pemrosesan dan apakah Anda memiliki alat yang tepat untuk itu.
  • Untuk sistem operasi yang mana?
    Apakah itu printer untuk penggunaan pribadi atau untuk penggunaan profesional, penting untuk menentukan sistem operasi mana yang digunakan pada PC yang akan digunakan. Printer yang Anda beli harus kompatibel dengan Os Anda (macOS, Windows, GNU/Linux).
  • Kompatibilitas STL?
    Banyak printer menerima
    file STL/ASCII STL biner
    secara langsung, tetapi tidak semua. Yang mod telah berhenti menerimanya, karena ini adalah format yang lebih usang, meskipun masih ada perangkat lunak yang terus menggunakannya. Penting untuk mengetahui apakah Anda perlu mencetak dari format .stl ini atau dari format lain.
  • Apakah saya memerlukan Layanan Pelanggan/Dukungan Teknis?
    Sangat penting untuk selalu memilih merek yang memiliki layanan purna jual yang baik atau Dukungan Teknis yang baik untuk mengatasi kemungkinan masalah yang mungkin Anda alami dengan printer 3D Anda. Ini menjadi lebih penting lagi dalam hal penggunaan profesional, karena masalah teknis yang tidak terpecahkan berarti hilangnya produktivitas di perusahaan. Juga, pastikan bahwa mereka memiliki dukungan teknis di negara Anda dan bahwa mereka menyediakan layanan dalam bahasa Anda.
  • Pemeliharaan:
    jika peralatan memerlukan perawatan khusus dan berkala, harga perawatan tersebut, sumber daya yang diperlukan (peralatan, personel berkualifikasi yang diperlukan, waktu,…), dll. Ini mungkin tidak begitu penting dalam printer 3D untuk individu, tetapi untuk penggunaan profesional atau industri.
  • Apakah saya perlu tambahan?
    Kemungkinan karena kebutuhan spesifik Anda, Anda juga akan memerlukan printer dengan beberapa tambahan tambahan, seperti layar sentuh (multi-bahasa) di mana Anda dapat melihat dan mengatur parameter proses pencetakan, konektivitas WiFi/Ethernet menjadi dapat mengelolanya dari jarak jauh, mendukung multifilamen (sehingga dapat mencetak dalam beberapa warna pada saat yang sama, meskipun ada juga gulungan filamen multiwarna sebagai alternatif), slot untuk kartu SD atau port USB untuk mencetak tanpa terhubung ke PC , dll.
  • Apakah saya memiliki ruang yang tepat?
    Untuk alasan keamanan, penting untuk mempertimbangkan lingkungan tempat printer 3D akan dipasang. Misalnya, tidak ada bahan yang mudah terbakar jika menggunakan printer 3D yang menghasilkan panas, atau berada di tempat yang berventilasi dalam hal resin atau produk lain yang dapat menghasilkan asap beracun, dll.

    • Terbuka atau tertutup?
      Beberapa printer murah memiliki ruang cetak terbuka, yang memungkinkan Anda melihat prosesnya secara lebih langsung. Sebaliknya, itu mungkin ide yang buruk untuk rumah di mana ada anak di bawah umur atau hewan peliharaan yang dapat merusak model, menyentuh resin beracun, atau terbakar selama proses. Dalam hal ini, untuk keselamatan, terutama di industri, yang terbaik adalah dengan kabin tertutup.

Dengan ini
Anda seharusnya sudah memiliki gagasan yang lebih jelas tentang apa yang benar-benar Anda butuhkan, dan sekarang Anda dapat melihat cara memilih printer 3D terbaik untuk kebutuhan Anda.

Cara memilih printer 3D filamen terbaik dan karakteristik teknisnya:

Setelah Anda mengetahui jenis printer yang Anda butuhkan, dan kisaran harga yang dapat Anda sesuaikan, hal berikutnya adalah membandingkan model yang termasuk dalam kisaran tersebut dan
tahu cara memilih printer 3D terbaik
. Untuk ini, Anda harus meneliti karakteristik teknis masing-masing:

Read:  Cara Memasang Pita Printer Epson Lx 300

Resolusi

resolusi 3d printer

Seperti yang terlihat pada gambar, terdapat gambar cetakan 3D yang sama dengan resolusi yang berbeda, dari resolusi terburuk di sebelah kiri hingga yang terbaik di sebelah kanan. Jelas bahwa semakin baik
Resolusi dan akurasi printer 3D
, semakin optimal hasilnya dan semakin halus permukaannya.

Resolusi dapat bervariasi dalam pengaturan, tetapi selalu dalam batas yang didukung printer 3D. Bahkan, untuk mempercepat proses pencetakan 3D bisa menggunakan resolusi rendah.

Ketika Anda melihat spesifikasi teknis model printer 3D, Anda harus menunjukkan apa itu
resolusi maksimum tercapai
(kadang-kadang disebut sebagai tinggi Z). Semakin kecil jumlah mikrometer, semakin tinggi resolusinya. Umumnya, printer 3D cenderung memiliki tinggi lapisan dari x mikron hingga 300 mikron. Misalnya, x printer

m dapat melakukan detail hingga 0.01mm, sedangkan level detail akan lebih rendah jika printer berukuran 300 mikron (0.3mm).

Kecepatan cetak

kecepatan cetak

Tergantung pada teknologi pencetakan dan model printer 3D, kurang lebih dapat diperoleh
kecepatan cetak. Semakin tinggi kecepatannya, semakin cepat model akan menyelesaikan pencetakan. Saat ini Anda dapat menemukan printer yang bergerak dari 40 mm/due south hingga 600 mm/s, dan bahkan lebih banyak lagi dalam kasus printer industri, seperti HP Jet Fusion 5200 yang dapat mencetak 4115 cm3/H. Disarankan untuk memilih kecepatan minimal 100 mm/s sebagai minimum, yaitu untuk menghasilkan book pada kecepatan 100 milimeter setiap detik.

Jelas, semakin tinggi kecepatan cetak dan semakin banyak model yang dapat diproses secara bersamaan, semakin mahal biaya peralatannya. Namun, dalam hal penggunaan industri, itu mengkompensasi investasi itu untuk dapat
meningkatkan produktivitas.

Area Bangun (Volume Cetak)

volume printer 3d

Faktor penting lainnya adalah menentukan apa yang
ukuran model tercetak
apa yang dibutuhkan Beberapa bisa hanya beberapa sentimeter dan yang lain jauh lebih besar. Berdasarkan itu, printer yang lebih besar atau lebih kecil harus dipilih ketika mengacu pada expanse konstruksi.

El
book cetak biasanya diukur dalam sentimeter atau inci. Misalnya, beberapa untuk penggunaan di rumah biasanya berukuran sekitar 25x21x21 cm (9.84×8.3×8.3″). Namun, ada ukuran di bawah angka-angka itu dan juga di atas. Misalnya, salah satu printer 3D terbesar di dunia dapat membuat objek cetakan 2.06m
.

Penyuntik

pengekstrusi printer 3d

Ketika berbicara tentang printer 3D ekstrusi atau deposisi,
salah satu bagian terpenting saat memilih adalah injektor fabric
. Beberapa manfaat akan bergantung padanya, termasuk resolusi. Bagian ini terdiri dari bagian penting lainnya:

Tip panas

Ini adalah bagian kunci, karena
bertanggung jawab untuk melelehkan filamen berdasarkan suhu. Suhu yang dicapai akan tergantung pada jenis bahan yang diterima oleh printer 3D dan kekuatannya. Selain itu, komponen ini biasanya memiliki rut sink dan sistem pendingin udara aktif untuk mencegah panas berlebih.

Pada gambar sebelumnya Anda dapat melihat bagian ini dalam warna emas, dengan bentuk persegi, tepat di antara casing hitam yang merupakan isolator termal dan heatsink merah.

Nozel

Bagian lain ini diulir ke ujung panas, seperti yang Anda lihat pada gambar, serta 5 suku cadang lainnya. Ini adalah pembukaan kepala cetak 3D
di mana filamen cair keluar?. Ini adalah bagian yang dapat dibuat dari kuningan, baja yang dikeraskan, dll. Ada ukuran yang berbeda (diukur dalam milimeter dengan diameter, misalnya: standar 0.4mm):

  • Tip dengan bukaan yang lebih besar dapat mencapai kecepatan cetak yang lebih cepat serta daya rekat lapisan yang lebih baik. Namun, itu juga akan memiliki resolusi yang lebih rendah. Misalnya, yang berukuran 0.viii mm, i mm, dll.
  • Tip dengan discontinuity yang lebih kecil lebih lambat, tetapi memungkinkan detail atau resolusi yang lebih baik. Misalnya, 0.2mm, 0.4mm, dll.

Extruder

El
extruder ada di sisi lain dari ujung panas, dan itu adalah salah satu yang bertanggung jawab untuk mengekstrusi bahan cair, dan terdiri dari beberapa bagian dari “tenggorokan” atau rute yang dibuat bahan cair. Anda dapat menemukan beberapa jenis:

  • Directo: Dalam sistem ini, filamen dipanaskan pada koil dan rol mendorongnya ke arah nosel, melewati ruang peleburan dan keluar melalui lubang.
  • Bowden: dalam hal ini pemanasan dilakukan pada tahap awal, dekat dengan gulungan filamen, dan bahan cair dilewatkan melalui tabung yang membawanya ke nozzle.

Sumber: https://www.researchgate.net/figure/Basic-diagram-of-FDM-3D-printer-extruder-a-Directly-extruder-b-Bowden-extruder_fig1_343539037

Masing-masing metode ekstrusi ini memiliki
kelebihan dan kekurangannya:

  • Directo:

    • Manfaat:

      • Ekstrusi dan retraksi yang lebih baik.
      • Mesin lebih kompak.
      • Kisaran filamen yang lebih luas.
    • Kekurangan:

      • Lebih banyak beban di kepala, yang dapat menyebabkan gerakan yang kurang tepat dan masalah lainnya.
  • per tabung:

    • Manfaat:

      • lebih ringan.
      • Cepat
      • Meningkatkan akurasi.
    • Kekurangan:

      • Ada lebih sedikit jenis filamen yang kompatibel dengan metode ini. Misalnya, bahan abrasif tidak dapat melewati tabung.
      • Anda membutuhkan lebih banyak jarak retraksi.
      • Mesin yang lebih besar.

Tempat tidur yang hangat

tempat tidur yang hangat

Tidak semua printer 3D memiliki tempat tidur berpemanas, meskipun dapat dibeli secara terpisah. Penopang atau alas ini adalah tempat karya itu dicetak, tetapi ia memiliki kekhususan sehubungan dengan alas atau alas dingin. Dan itu adalah
memanas untuk menjaga bagian dari kehilangan suhu

selama proses pencetakan, mencapai adhesi yang lebih baik antar lapisan.

Tidak semua bahan membutuhkan elemen ini, tetapi beberapa seperti
nilon, PINGGUL, ABS, dll., mereka perlu memiliki tempat tidur berpemanas agar lapisannya menempel dengan benar. Bahan lain seperti PET, PLA, PTU, dll., tidak memerlukan elemen ini, dan gunakan alas dingin (atau alas panas opsional).

Adapun bahan pelat, dua yang paling umum adalah
aluminium dan kaca. Masing-masing dari mereka dengan pro dan kontra:

  • cristal: Mereka biasanya terbuat dari borosilikat tahan panas. Lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan terhadap lengkungan, sehingga Anda akan memiliki permukaan dasar yang lebih halus. Namun, masalah yang Anda miliki adalah bahwa pemanasan akan memakan waktu lebih lama dan Anda mungkin perlu menggunakan sesuatu yang ekstra untuk meningkatkan daya rekat.
  • Aluminium: Ini adalah konduktor termal yang sangat baik, sehingga akan cepat panas. Selain itu, ia memiliki daya rekat yang baik. Di sisi lain, dapat tergores dan melengkung dari waktu ke waktu, sehingga harus diganti.
  • meliputi: Ada juga bahan lain yang bisa ditaruh di ranjang aluminium atau kaca. Misalnya pelat builtank, PEI, dll.

    • builtank: Memiliki daya rekat yang baik, tetapi permukaannya cukup mudah rusak jika tidak hati-hati.
    • PEI: pelat bahan jenis ini lebih tahan dari yang sebelumnya, dan juga memiliki daya rekat yang baik. Kekurangannya adalah beberapa lapisan pertama dapat saling menempel sedemikian rupa sehingga Anda mungkin mengalami masalah nanti saat mencoba menghapusnya.

Ventilador

kipas untuk printer 3D

Karena printer 3D filamen, dan teknologi lainnya, memerlukan
sumber panas
melelehkan material, beberapa area kepala akan menjadi sangat panas. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sistem pendingin yang baik untuk menjaga suhu tetap terkendali. Dan untuk ini ada penggemar untuk printer 3D.

ada dari
berbagai ukuran dan jenis
dan pada umumnya semua printer 3D memiliki sistem pendingin sesuai kebutuhan model. Tetapi jika suhu terlalu tinggi (diukur pada probe sensor termal kepala ekstruder), maka Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan ke sistem yang lebih baik. Untuk menghindari biaya tambahan ini, perhatikan baik-baik particular mengenai bagian printer masa depan Anda ini.

Kamera terintegrasi

kamera terintegrasi dalam printer 3d

Ini juga dapat dipahami sebagai tambahan, meskipun menjadi lebih dan lebih umum untuk
streamer atau youtuber
yang merekam sesi pencetakan 3D untuk membuat tutorial, untuk menunjukkan bagaimana mereka membuat karya, atau selang waktu fantastis yang dapat dilihat secara online.

Kamera-kamera ini mungkin disertakan dalam beberapa model seri, tetapi dalam kebanyakan kasus mereka harus
beli sendiri. Beberapa pengguna bahkan menginstal beberapa untuk mendapatkan video dari perspektif yang berbeda, atau untuk mengambil gambar dari berbagai sudut.

Dipasang atau dipasang (kit pemasangan)

Kit pemasangan Prusa 3D

Anda juga harus ingat jika Anda menginginkannya
printer 3d yang telah selesai sepenuhnya, untuk dapat menggunakannya dari saat Anda melakukan unboxing, atau jika Anda menyukai DIY dan Anda memiliki hari esok untuk hal-hal ini dan Anda ingin merakitnya sendiri dengan salah satu kit yang mereka jual.

Yang sudah dirakit biasanya agak lebih mahal, tetapi mereka menghindari untuk merakitnya sendiri. Itu
kit pemasangan

mereka agak lebih murah, tetapi Anda akan memiliki pekerjaan ekstra yang harus dilakukan. Selain itu, dalam banyak kasus tidak ada opsi kit, tetapi mereka langsung menjual mesin lengkap, seperti halnya dengan merek industri dan lainnya untuk penggunaan pribadi.

Bagaimana memilih printer 3D terbaik: kasus tertentu

merek printer 3d

Pada bagian sebelumnya saya berfokus terutama pada mereka yang memiliki filamen. tapi mereka ada
beberapa kasus tertentu
untuk itu Anda juga harus tahu cara memilih printer 3D terbaik:

Printer 3D Resin

Tentu saja, beberapa hal yang dikatakan untuk printer 3D filamen juga berlaku untuk yang lain, seperti masalah kecepatan pencetakan, atau resolusi. Namun, printer lain ini tidak memiliki bagian tertentu, seperti nosel, tempat tidur berpemanas, dll. Untuk alasan itu,
jika pilihan Anda adalah printer resinAnda harus mempertimbangkan poin-poin lain ini:

  • Sumber untuk pameran: Bisa berupa laser, LED, layar LCD untuk eksposur yang lebih cepat, dll., seperti yang sudah saya jelaskan di
    artikel jenis printer 3D.
  • penutup filter UV: sangat penting untuk menutupinya, tidak hanya karena uap yang dapat dikeluarkan oleh resin, tetapi juga karena bahan tersebut merupakan bahan fotosensitif dan dapat disembuhkan dengan radiasi UV. Itu sebabnya harus diblokir, untuk menghindari paparan di area di mana textile tidak boleh mengeras.
  • Mengganti foil FEP: Ini harus memiliki desain untuk memfasilitasi perubahan foil yang sangat penting ini untuk printer 3D.
  • rel sumbu Z: Harus berkualitas tinggi, terkalibrasi dengan baik, untuk menghindari kemungkinan penyimpangan selama pencetakan.
  • Deteksi penutup terbuka: Beberapa termasuk sistem deteksi yang berhenti mencetak ketika mereka mendeteksi bahwa penutup telah dibuka.
  • elemen tambahan: Mengingat karakteristik dari printer 3D resin ini, aksesoris yang penting termasuk scraper, tangki resin, kertas leveling, sarung tangan, corong untuk menuangkan resin, dll.

Biasanya, jenis printer ini akan memiliki:
Kualitas terbaik
finishing daripada filamen, dengan permukaan yang jauh lebih halus, dengan presisi yang lebih tinggi dan lebih sedikit kebutuhan untuk pasca-pemrosesan.

bioprinter 3D

Mereka juga memiliki kesamaan dengan resin atau filamen, karena mereka dapat didasarkan pada teknologi yang sama. Sebaliknya, kamu adalah
bioprinter
Mereka juga memiliki kekhususan lain untuk dipertimbangkan:

  • biokompatibilitas: mereka harus mendukung bahan yang sesuai untuk penggunaan medis, seperti implan prostetik, implan gigi, bidai, prostesis, jaringan atau organ hidup, dll.
  • Isolasi dan sterilisasi: Saat bekerja dengan bahan yang sangat sensitif ini, printer 3D harus memiliki insulasi yang baik untuk menghindari kontaminasi, atau mempertahankan sterilisasi yang baik.

Printer 3D industri

itu
printer 3D industri atau untuk penggunaan profesional
Mereka juga dapat dibuat dari filamen atau resin, atau berdasarkan teknologi yang mirip dengan printer 3D untuk penggunaan pribadi. Oleh karena itu, banyak poin yang dikutip di atas juga berlaku untuk mereka. Tetapi ada beberapa perbedaan:

  • Ekstruder ganda:
    beberapa termasuk ekstruder ganda untuk mencetak dengan dua kali bahan atau dengan dua warna pada waktu yang sama. Lainnya juga memungkinkan multi-pencetakan, yaitu membuat beberapa bagian secara bersamaan.
  • Volume cetak besar (XYZ): Secara umum, printer 3D industri cenderung memiliki ukuran yang jauh lebih besar, dan itu juga memungkinkan Anda memperoleh volume pencetakan, dapat membuat bagian yang lebih besar. Secara umum, pabrikan biasanya menunjukkan dimensi ini berdasarkan panjang di mana mereka dapat menumbuhkan model di sumbu 10, di Y, dan di Z, yaitu lebar, kedalaman, dan tinggi.
  • Sistem anti-kerugian:
    Tidaklah sama kehilangan kesan dalam kasus tertentu daripada di perusahaan, di mana kerugiannya jauh lebih bermasalah (bahkan lebih jika itu adalah model di mana mereka telah bekerja selama berjam-jam atau berhari-hari). Untuk alasan ini, banyak printer 3D industri memiliki sistem anti-kehilangan yang mencegah ketidaknyamanan ini.
  • Pemantauan dan manajemen jarak jauh: Beberapa printer mendukung pemantauan proses (dengan telemetri atau kamera) dan manajemen jarak jauh. Misalnya, dari jaringan nirkabel yang sama, dll.
  • keamanan: Mesin-mesin ini juga harus mencakup semua elemen atau sistem perlindungan yang diperlukan agar operator tidak mengalami kecelakaan. Misalnya, ada yang dengan sistem filter HEPA dan/atau filter karbon aktif di kabinnya untuk mencegah operator menghirup uap yang berbahaya bagi kesehatan, layar pelindung untuk mencegah luka bakar, terpotong, dll., selama proses, penghentian darurat, dll.
  • Sensor dan kontrol: Berkali-kali juga penting untuk memiliki data tentang kondisi proses pencetakan, seperti suhu, kelembaban relatif, dll.
  • UPS atau UPS: sistem catu daya yang tidak pernah terputus sehingga pencetakan tidak berhenti jika terjadi pemadaman listrik atau pemadaman listrik, merusak bagian tersebut.

Kadang-kadang bahkan ada kemungkinan bahwa setiap sektor industri membutuhkan karakteristik dan
printer 3D eksklusif.

Berapa harga printer 3D?

kalkulator euro

Pertanyaan tentang berapa biaya printer 3D sangat umum. Tetapi
tidak memiliki jawaban yang sederhana, karena sangat bergantung pada jenis teknologi, fitur, dan bahkan mereknya. Namun, Anda dapat membiarkan diri Anda dipandu oleh kisaran perkiraan ini:

  • FDM: dari €130 hingga €1000.
  • SLA: dari €500 hingga €2300.
  • DLP: dari €500 hingga €2300.
  • SLS: dari €4500 hingga €27.200.

Layanan pencetakan (alternatif)

layanan pencetakan 3d

Anda harus tahu bahwa ada beberapa
layanan pencetakan 3D online, sehingga mereka mengurus pencetakan model yang Anda kirimkan dan mengirimkan hasilnya kepada Anda melalui kurir ke alamat yang Anda pilih. Artinya, alternatif untuk memiliki printer 3D Anda sendiri. Ini bisa bagus dalam kasus di mana hanya pencetakan sesekali yang diinginkan, yang tidak layak untuk membeli peralatan, atau untuk beberapa kasus di mana bagian tertentu diperlukan yang hanya mungkin dilakukan dengan model printer industri yang mahal.

Layanan dan biaya

Beberapa
layanan yang dikenal
dan direkomendasikan adalah:

  • Mewujudkan
  • Protolab
  • Innova3D
  • printer
  • Buatc3D
  • Craftcloud3D
  • Pasar Pengalaman 3D
  • Xometri
  • patung

Dalam hal
biaya
, tidak semua layanan sama-sama transparan dalam cara menghitung harga, tetapi umumnya didasarkan pada jumlah:

  • Biaya bahan yang dipilih: termasuk bagian itu sendiri dan bahan tambahan yang diperlukan jika penyangga diperlukan). Ini juga akan bervariasi tergantung pada resolusi dan kecepatan yang dipilih.
  • Tenaga kerja: Ini termasuk pengeluaran seperti waktu operator yang dihabiskan untuk pencetakan, pembersihan, penyortiran, penyelesaian akhir, pengemasan, dll.
  • Biaya lainnya: Pengeluaran lain juga ditambahkan untuk energi yang dikonsumsi, untuk mengimbangi biaya pemeliharaan peralatan, lisensi perangkat lunak, kompensasi waktu mesin tetap sibuk dan tidak dapat menghasilkan pekerjaan lain (terutama bila satu unit atau sedikit), dll.
  • Biaya pengiriman: berapa biaya untuk mengirim pesanan ke alamat yang diberikan. Biasanya hal itu dilakukan melalui agen transportasi yang disubkontrakkan, meskipun beberapa layanan mungkin memiliki fleet kendaraan pengiriman sendiri.

Bagaimana mereka bekerja?

La
cara pengoperasian
layanan ini biasanya sangat sederhana:

  1. Layanan pencetakan 3D ini jarang mendesain sendiri modelnya, jadi Anda harus mengirimkannya
    file (.stl, .obj, .dae,…)
    dalam format yang mereka terima. File ini akan diminta selama proses pemesanan, bersama dengan data pribadi Anda.
  2. Pilih menu
    bahan, teknologi cetak, finishing

    (pemolesan, pengecatan, QA atau kontrol kualitas bagian jadi untuk membuang barang cacat, dan perawatan pasca-cetak lainnya), dan parameter pencetakan lainnya. Anda harus tahu bahwa beberapa layanan mungkin tidak menerima satu unit pun, dan minimal salinan cetak (10, l, 100,…) diminta untuk menguntungkan.
  3. Sekarang anggaran akan dihitung berdasarkan model dan parameter yang dipilih. Dan itu akan menunjukkan kepada Anda
    harga.
  4. Jika Anda menerima dan menambahkannya
    ke keranjang belanja, dan setelah Anda selesai, mereka akan mengurus pembuatannya.
  5. Setelah
    akan dikirimkan kepada Anda
    ke alamat yang Anda pilih, biasanya dalam waktu 24-72 jam. Beberapa layanan memiliki pengiriman gratis jika Anda melebihi jumlah tertentu.

Keuntungan dan kerugian

Tentu saja, layanan ini memiliki
pro dan kontra nya
:

  • Pro:

    • Mereka tidak perlu melakukan investasi dalam peralatan atau bahan cetak.
    • Tanpa perawatan, karena perusahaan jasa yang mengurusnya.
    • Akses ke printer 3D canggih dan cepat yang mungkin tidak mampu Anda beli.
    • Beragam pilihan bahan, karena layanan ini biasanya memiliki beberapa jenis printer industri.
  • Contras:

    • Tidak menguntungkan untuk sering mencetak, karena dalam jangka panjang, membeli printer 3D Anda sendiri akan diamortisasi.
    • Jika itu adalah prototipe yang memiliki semacam IP, atau di bawah kerahasiaan, itu bukan pilihan.

Bagaimana memilih layanan pencetakan 3D terbaik?

Sama seperti ketika Anda memilih
toko fotokopi untuk mencetak
Anda membuat kertas berdasarkan harga, kualitas, jenis kertas yang diterima, warna, dll, ada juga beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Ini tidak sesederhana memasuki halaman spider web layanan dan mengklik.

untuk
pilih layanan pencetakan 3D terbaik untuk kasing Anda:

  • Bahan: Anda harus mencari layanan yang memungkinkan Anda mencetak pada bahan yang tepat. Ini akan tergantung pada apa yang Anda inginkan untuk potongan itu. Misalnya, Anda mungkin membutuhkannya untuk perhiasan dan ingin terbuat dari emas, atau mungkin Anda akan menggunakannya untuk makanan dan harus aman, atau untuk pesawat terbang dan harus ringan, atau bahkan suku cadang pengganti. mesin tua dan perlu menahan gesekan dan suhu tinggi. Ada layanan khusus untuk penggunaan profesional, yang membuat suku cadang melalui kontrol ketat sehingga sesuai dengan spesifikasi mekanis dan kimia. Layanan lain mungkin lebih murah dan melayani mereka yang ingin mencetak objek untuk bersenang-senang.
  • Sertifikasi, lisensi, privasi, dan kerahasiaan:

    • Penting bahwa jika itu akan menjadi komponen dari sistem atau mesin apa pun, itu melewati standar yang ditetapkan untuk komponen itu. Misalnya, standar ISO:9001, atau lainnya dari UE. Ada juga beberapa layanan yang berhak mengecualikan model dengan sertifikat tertentu, seperti ITAR untuk pembuatan komponen pertahanan atau penggunaan militer.
    • Saat Anda mengunggah file dengan model untuk dicetak, banyak layanan berasumsi bahwa Anda telah menerima lisensi non-eksklusif, sehingga mereka berhak melanjutkan pencetakan model Anda untuk pihak ketiga. Jika Anda tidak ingin ini terjadi, Anda harus mencari layanan yang memungkinkan Anda menandatangani perjanjian kerahasiaan.
    • Selain itu, beberapa desainer bagian juga perlu menandatangani kontrak dengan klausul kerahasiaan dan privasi untuk mencegah persaingan menyalinnya, atau mengirimkan salinan file dengan model yang Anda kirimkan kepada mereka. Anda membutuhkannya? Bisakah Anda menjamin layanannya?
  • Kapasitas dan skalabilitas produksi batch: Beberapa perusahaan kecil hanya dapat membuat sejumlah kecil suku cadang. Di sisi lain, beberapa yang besar memiliki beberapa printer 3D, yang mampu memproduksi 1000 bagian atau lebih dalam jangka waktu tertentu. Penting untuk memilih layanan yang dapat memenuhi permintaan suku cadang, dan bahkan jika lebih banyak perlu diproduksi, itu dapat mengambil produksi ekstra itu.
  • Tiempo: tidak semua memiliki kecepatan produksi yang sama, beberapa dapat memilikinya dalam satu hari, yang lain cenderung memakan waktu lebih lama. Jika Anda membutuhkan hasil yang mendesak, lebih baik pergi ke layanan yang menjamin lebih cepat.
  • Harga:
    Tentu saja, mampu membayar biaya merupakan faktor penting, dan membandingkan layanan untuk menggunakan yang termurah juga.

Cara menginstal printer di komputer

instal printer 3D

Tidak ada prosedur umum
untuk menginstal model printer 3D apa pun.
Oleh karena itu, yang terbaik adalah membaca manual printer Anda untuk detail lebih lanjut, atau wiki atau dokumentasi jika menjadi printer 3D open-source. Namun, prosedur umum yang cocok untuk sebagian besar terdiri dari langkah-langkah ini:

Printer 3D biasanya datang dengan host dan perangkat lunak yang diperlukan (atau mengizinkan unduhannya) dalam banyak kasus. Beberapa termasuk kartu memori SD multi-gig dengan semua yang Anda butuhkan untuk instalasi.

  1. Hubungkan printer ke PC Anda menggunakan
    Kabel USB (atau jaringan).
  2. Anda harus punya
    Pengontrol
    untuk model printer 3D Anda untuk sistem operasi Anda (GNU/Linux, macOS, Windows,…), karena tidak akan berfungsi dengan commuter USB untuk perangkat lain. Sebagai contoh:

  3. Beberapa printer menyertakan perangkat lunak yang disebut
    Repetier-Host
    , yang lain perlu menginstal perangkat lunak pihak ketiga. Misalnya seperti
    perangkat lunak Pengulangan gratis. Berkat perangkat lunak ini Anda akan dapat menambahkan model ke antrian cetak, menskalakannya, menduplikasinya, membaginya menjadi beberapa bagian, mengontrol printer 3D yang terhubung ke PC Anda, memvariasikan parameter, dan menghasilkan file dengan model yang akan dicetak. format persis yang diterima oleh printer Anda. , seperti G-Lawmaking.
  4. Pasang
    perangkat lunak untuk desain atau pemodelan CAD
    yaitu
    beberapa perangkat lunak pencetakan 3D.
  5. Saat mencetak bagian,
    muat filamen atau resin terlebih dahulu
    pada pencetak Anda.
  6. Pada startup pertama, Anda harus
    kalibrasi tempat tidur
    (informasi lebih lanjut di sini).

Pencetak 3D
itu harus bekerja. jika kamu tidak, Periksa itu:

  • Pencetak 3D menyala.
  • Printer 3D terhubung ke PC.
  • Jika Anda telah memilih port yang tepat.
  • Anda telah mengonfigurasi parameter kecepatan (baud) yang benar.
  • Jika Anda terhubung dengan baik ke jaringan (jika ada di jaringan).

Cara mencetak bagian pertama Anda

cetak bagian 3D pertama

Sekarang printer 3D Anda sudah terpasang dan seharusnya berfungsi, saatnya untuk melakukan
tes cetak 3D pertama Anda.
Untuk melakukan ini, cetak sesuatu yang sangat sederhana, hanya untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan
Halo dunia!
u
Halo dunia!, yang tidak lebih dari sosok geometris sederhana dan kecil, seperti kubus 20x20x20mm. Jika bentuk dan dimensinya benar, printer Anda OK.

Sebelum mencetak, ingatlah untuk membuat dua
Langkah sebelumnya
sangat penting:

  • Pemanasan: ekstruder harus pada suhu yang sesuai agar filamen dapat meleleh, yang biasanya di atas 175ºC. Jika suhu tidak memadai, dapat menyebabkan kegagalan pada bagian yang akan dicetak.
  • meratakan tempat tidur: Tempat tidur atau platform printer harus diratakan. Ini dapat dilakukan secara transmission atau otomatis. Ini penting agar potongan tumbuh lurus dan lapisan pertama menempel dengan baik ke tempat tidur.

Dalam hal
langkah-langkah mencetak model 3D
, sangat mirip dengan yang Anda ikuti untuk mencetak di atas kertas dengan printer konvensional:

  1. Dari perangkat lunak tempat desain 3D model yang ingin Anda cetak berada.
  2. Klik opsi Print, atau di beberapa programme mungkin ada di bagian Send to 3D Printer.
  3. Konfigurasikan parameter pencetakan.
  4. mencetak! Ini adalah waktu untuk bersabar, karena mungkin perlu…

Langkah ini
mungkin sedikit berbeda di setiap perangkat lunak,

tapi itu tidak rumit dalam hal apapun.

Daur ulang plastik printer 3D

daur ulang plastik 3d printer

Anda telah mencetak bagian yang tidak Anda perlukan lagi, mungkin cetakannya setengah jadi atau rusak, Anda memiliki beberapa filamen yang tersisa,… Jika hal ini terjadi pada Anda, Anda harus tahu bahwa
Bisakah plastik printer 3D didaur ulang?
. Untuk melakukannya, Anda memiliki beberapa kemungkinan:

  1. Gunakan
    ekstruder filamen
    seperti ini, atau seperti
    pemain filastruder,
    Filabot,
    FilFil EVO,
    Pengekstrusi Pelet V4, dll., untuk menggunakan semua sisa makanan dan membuat filamen daur ulang baru sendiri.
  2. Gunakan kembali bagian yang tidak lagi Anda perlukan untuk tujuan lain. Misalnya, bayangkan Anda telah mencetak cangkir yang tidak lagi Anda gunakan, Anda dapat menggunakannya lagi seperti pena. Atau mungkin Anda telah mencetak tengkorak berlubang dan ingin mengubahnya menjadi pot bunga. Di sini Anda harus menjalankan imajinasi Anda…
  3. Ubah objek cacat menjadi patung seni abstrak. Beberapa tayangan gagal dan meninggalkan bentuk yang aneh sebagai hasilnya. Jangan dibuang, cat dan ubah menjadi hiasan.
  4. Gulungan filamen bekas dan kaleng resin itu sendiri juga dapat didaur ulang pada titik daur ulang yang sesuai atau digunakan kembali untuk tujuan lain.

Apakah mungkin untuk mengubah printer 3D ke CNC?

Jawaban cepatnya adalah ya,
adalah mungkin untuk mengubah printer 3D menjadi mesin CNC. Tetapi prosedurnya dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis printer dan juga jenis alat CNC yang ingin Anda gunakan (menggiling, mengebor, memotong …). Selain itu, dari HWLIBRE kami tidak merekomendasikannya, karena dapat membatalkan garansi atau membuat printer Anda tidak dapat digunakan.

Por
ejemplo
, bayangkan Anda ingin melakukan penggilingan permukaan, untuk ini, Anda perlu memasang motor listrik dengan catu dayanya di kepala printer 3D, bukan ekstruder. Mereka bahkan ada
dukungan untuk jenis proyek ini siap dicetak. Pada poros motor, Anda harus menggunakan mata bor atau mata bor, dan sisanya akan mengirim proses pencetakan dengan desain yang ingin Anda ukir ke printer Anda, dan kepala akan bergerak untuk menggambarnya, dengan perbedaan bahwa alih-alih Menambahkan lapisan material, mesin akan mengukir gambar pada kayu, pelat metakrilat, atau apa pun …

informasi lebih lanjut